Kenali Tanda Tanda Masa Subur Wanita

No comment 217 views

PENGOBATAN ALAMI – Impian banyak pasangan untuk segera memiliki momongan. Anda dapat memahami siklus mentruasi anda dengan mudah, jika anda mengetahui apa dan bagaimana siklus haid berlangsung dalam tubuh kita. Anda tidak perlu jadi seorang ahli.

Namun, tahukah Anda bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam memiliki momongan adalah dengan melakukan hubungan saat masa subur wanita. Telur hanya dikeluarkan wanita sekali dalam satu periode siklus menstruasi, yang disebut ovulasi. Jika Anda melakukan hubungan seksual diluar masa ovulasi, maka kemungkinan kecil, sel sperma akan bertemu dengan sel telur dan membentuk calon bayi.

Masa Subur Wanita

Bagi sekitar 90% wanita, panjangnya siklus haid bervariasi mulai dari 23-35 hari, di mana terjadinya ovulasi pada pertengahan siklus.  Faktor-faktor lain seperti stress, dapat berakibat keterlambatan ovulasi.  Bagaimanapun, hari yang sering digunakan untuk menghitung siklus haid, khususnya untuk menghitung penanggalan kehamilan, didasarkan pada ovulasi di hari ke-14, sehingga anda bisa bisa melihat mengapa perkiraan kehamilan tidak selalu tepat.  Tidak semua wanita memiliki siklus 28 hari dan ovulasi di hari ke-14.Tidak semua wanita mengalami ovulasi setiap bulan.  Jika sel telur tidak menghasilkan folikel matur, maka ovulasi tidak akan terjadi.  Hal ini dikenal dengan istilah siklus haid anovulatoar. Endometrium (lapisan dalam uterus yang menebal untuk persiapan hamil) berkembang sebagaimana biasanya, akan tetapi tidak ada sel telur yang dikeluarkan.

Ciri tubuh sedang memasuki masa subur

Untuk itu, ada baiknya mengenali kondisi tubuh dan mengetahui perubahan apa saja yang terjadi pada masa subur, terlebih bila Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur. Berikut ini ciri tubuh sedang memasuki masa subur alias sedang berovulasi.

 

  • Gairah Seks Meningkat

Meningkatnya gairah seks ini merupakan sinyal alami tubuh saat ia sedang siap untuk bereproduksi.

  • Nyeri Payudara

Perempuan yang merasa payudaranya sakit beberapa saat setelah siklus haid usai, maka itu adalah sinyal bahwa tubuh Anda sedang dalam masa subur.

  • Sakit Perut Bagian Bawah

Secara medis, sakit di perut bawah kiri atau kanan ini dikenal sebagai sensasi Mittelschmerz. Anda mungkin mengalami rasa mual atau keluarnya cairan vagina bersamaan dengan rasa sakit tersebut

  • Indra Penciuman Lebih Sensitif

Itulah alasan di fase ini Anda lebih mudah tertarik pada pasangan dan bau feromonnya.

  • Sedikit Bercak Cokelat

Jika Anda menemukan bercak cokelat pada pakaian Anda, tandanya Anda telah memasuki masa ovulasi dan siap berhubungan seks bila sedang mengharapkan kehamilan.

 

 

Semoga bermanfaat

author
Author: 

Leave a Reply