Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

No comment 205 views

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Lidah buaya juga merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Selain itu lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.

Zat-zat tersebut termasuk enzim yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, semua jenis vitamin terkecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan; saponin yang berfungsi sebagai anti-mikroba, dan 20 dari 22 jenis asam amino.

Mengingat kandungan yang lengkap itu, lidah buaya disebutkan menurut Dr. Freddy bukan hanya berguna menjaga kesehatan, tapi juga mengatasi berbagai penyakit. Misalnya lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah pada diabetesi yang tidak tergantung insulin. Dalam waktu sepuluh hari gula darah bisa normal. Disamping itu juga menyegarkan karena kandungan lidah buaya memiliki berbagai kandungan zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan diantaranya:

  1. Lignin, mempunyai kemampuan penyerapan yang tinggi sehingga memudahkan peresapan gel ke dalam kulit atau mukosa
  2. Saponin, mempunyai kemampuan membersihkan dan bersifat antiseptik, serta bahan pencuci yang baik
  3. Kompleks Anthraguinone sebagai bahan laksatif, penghilang rasa sakit, mengurangi racun, sebagai anti bakteri, antibiotic
  4. Acemannan Sebagai anti virus, anti bakteri, anti jamur, dan dapat menghancurkan sel tumor, serta meningkatkan daya tahan tubuh
  5. Enzim bradykinase,karbiksipeptidase, mengurangi inflamasi, anti alergi dan dapat mengurangi rasa sakit
  6. Glukomannan,mukopolysakarida, memberikan efek imonomodulasi
  7. Tennin, aloctin A Sebagai anti inflamasi
  8. Salisilat Menghilangkan rasa sakit, dan anti inflamasi

Berikut Terdapat Cara Membuat Ramuan Lidah Buaya untuk Kesehatan:

  • Radang tenggorokan

Cara Meramu: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari.

  • Ambeien
    Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya, dicuci, lalu diparut. Beri setengah (1/2) gelas air panas, kemudian peras. Tambahkan 2 sendok makan madu. Dalam keadaan hangat, minum 3 kali sehari.
  • Sembelit
    Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah (1/2) gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangat-hangat dimakan 2 kali sehari.
  • Diabetes mellitus

Cara Meramu1. : 2 batang daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

Cara Meramu2. : cuci bersih, hilangkun durinya kemudian potong-putong tambah air hangat 1/2 gelas, belender sebentar kemudian saring dengun kain tipis (paris). ampas buang tambah madu randu mentah/madu tawon gung 2 sendok makan. Jika ada luka gangreng yang disarankan amputasi. dapat dicoba dengan menormalkan gula darah dengan ramuan tradisional dan luka dicuci dengan ramuan sampai darah dan nanah bersih, kemudian balur dengan madu mentah yang benar benar asli dan kalau bisa usahakan madu randu/gung Kira-kira satu bulan luka akan membaik dan kulit tumbuh kembali.
Madu asli mentah ternyata madu liar tidak menaikkan kadargula darah. Sebab madu asli liar mempunyai kandungan gula alami levusa dan dextrosa. Madu murni di.serap tubuh dengan adanya kadar Dextrosa, sedangkan kadar levusa lebih lambat masuk darah hal ini mempertahankan kadargula darah.

  • Penurun kadar gula darah

Cara Meramu: 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak 1/2 gelas, 2 sampai 3 kali sehari.

  • Penyubur rambut

Cara Meramu: 2 pelepah lidah buaya dicuci lalu kupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

  • Batuk (yang membandel)

Cara Meramu: 20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2 kali sehari. Ulangi selama 10 hari.

Untuk Perawatan kesehatan kulit. Lidah buaya dapat memperkaya persediaan material pembangun untuk memproduksi dan memperbaiki kesehatan kulit. Secara alami kulit kita memperbaiki diri dalam setiap 21 hingga 28 hari. Nutrisi pembentuk yang dikandung lidah buaya ini dapat digunakan oleh kulit kita untuk melawan efek penuaan.

Lidah Buaya Bermanfaat Untuk Perawatan Jerawat Dan Kulit Berminyak.  Sepanjang hari kulit kita diterpa dengan polusi, kotoran dan elemen lain dari lingkungan. Jika Anda bermasalah dengan jerawat atau memiliki kulit berminyak sangat penting untuk membersihkan wajah setelah keluar rumah. Dan lidah buaya bisa jadi pilihan bagus untuk perawatan wajah. Berbagai kandungan mengganggu yang melayang di udara biasanya menempel pada kulit berminyak dan dapat menyebabkan noda yang memperburuk keadaan kulit bermasalah. Ph pada lidah buaya mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus membersihkan kulit yang bernoda. Anda bisa membasuh bekas olesan lidah buaya di wajah ini dengan air bersih.

Lain dari itu, lidah buaya ternyata memiliki manfaat yang sangat beragam, mulai dari manfaat terhadap kesehatan hingga kecantikan dan perawatan tubuh. Tak heran jika anda dapat dengan mudah menemukan kandungan lidah buaya di berbagai produk kosmetik dan perawatan kecantikan mulai dari shampoo, krim jerawat dan lain sebagainya.

Nah, disamping itu untuk Anda yang menginginkan perawatan kecantikan alami, mengetahui manfaat lidah buaya secara detail tentu akan dapat sangat membantu. Setidaknya, Anda bisa meracik langsung lidah buaya untuk keperluan dan pemakaian pribadi demi mendapatkan hasil perawatan terbaik. Di bawah ini adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang perlu diketahui :

  1. Mengatasi Wajah Kusam dan Kering
  • Banyak yang percaya bahwa kulit cerah adalah modal besar untuk memiliki penampilan menarik. Sayangnya, banyak juga yang mengeluhkan masalah minimnya kecerahan kulit wajah dan atau warna kulit yang kusam maupun tidak merata. Jika Anda juga menghadapi keluhan yang demikian, kandungan vitamin A dan E dalam lidah buaya dapat Anda andalkan untuk mencerahkan kulit.
  • Selain persoalan wajah kusam, wajah kering juga dipercaya dapat merusak penampilan utamanya pada siang hari ketika matahari bersinar sangat terik. Lidah buaya ternyata juga dapat melembabkan kulit wajah Anda dengan kandungan lignin yang terdapat dalam dagingnya. Tak hanya melembabkan, senyawa tersebut juga membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan mencegah terjadinya alergi kulit. Karenanya, Anda tidak perlu ragu untuk mencoba meracik ramuan alami lidah buaya demi hasil maksimal untuk penampilan prima Anda. Apalagi, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan efek samping semisal iritasi sebab keluhan tersebut tidak akan menggangu apapun jenis kulit wajah yang Anda miliki.
  1. Mencegah dan Mengobati Jerawat (serta Komedo)
  • Lendir atau gel lidah buaya mengandung zat anti-mikroba yang berfungsi mencegah timbulnya masalah-masalah kulit wajah semisal jerawat dan komedo. Kandungan saponin dan astrigent dalam lendir tersebut juga memiliki fungsi antibakteri dan menyerap timbunan lemak sehingga terjadinya jerawat dan komedo dapat dihindarkan. Bagi yang telah lama menginginkan kulit wajah bersih dari jerawat dan belum mendapat hasil nyata dari berbagai treatment yang dilakukan, gel lidah buaya bisa menjadi solusi yang tepat karena alami dan tanpa efek samping.
  • Sementara untuk pengobatan, juga dapat menggunakan gel lidah buaya kemudian mengoleskannya pada bagian kulit wajah yang ditumbuhi jerawat. Diamkan beberapa saat sebelum kemudian dibilas dengan air hangat.
  1. Mengobati Luka
  • Masih sedikit orang yang mengetahui bahwa lidah buaya juga berkhasiat mengobati luka bakar, luka gigitan serangga dan macam-macam luka lain. Jika anda menderita luka yang dapat mengganggu penampilan, gunakan lidah buaya untuk mempercepat proses penyembuhan serta dengan cepat menghilangkan bekasnya.
  1. Menghilangkan Flek Hitam
  • Seperti halnya bekas luka yang bisa dengan mudah dihilangkan dengan treatment lidah buaya, flek hitam di wajah baik dari bekas komedo, jerawat atau gigitan serangga juga dapat dihilangkan dengan lidah buaya. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan berbagai perawata lain, yakni dengan menggunakan gel lidah buaya, dioleskan lalu membiarkannya ‘bekerja’ sebelum dibilas.
  • Namun demikian, hal yang perlu dicatat adalah bahwa perawatan yang demikian membutuhkan kesabaran dan konsistensi sehingga Anda tidak dapat mengharapkan hasil instant dari produk alami tanpa rutin melakukan perawatan.
  1. Mencegah Penuaan
  • Fungsi anti aging yang dimiliki lidah buaya erat kaitannya dengan kandungan antioksidan yang begitu melimpah. Karena itu, anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk perawatan anti aging sebab bahan alami di sekitar Anda dapat sangat membantu dan memberikan hasil menakjubkan.
  1. Membersihkan Wajah
  • Perempuan atau laki-laki biasa menggunakan pembersih dari kosmetik untuk membersihkan sisa make-up atau kotoran setelah seharian beraktivitas. Anda bisa mengganti kosmetik tersebut dengan lidah buaya tanpa harus mengkhawatirkan berbagai efek samping semisal ketergantungan atau iritasi.
  • Cara menggunakannya juga tidak jauh berbeda dengan pembersih wajah biasa dimana bisa menggunakan kapas untuk mengangkat kotoran dan sisa make up dari kulit wajah. Bedanya adalah krim yang dioleskan. Jika sebelumnya terbiasa menggunakan krim kosmetik, saat ini Anda menggantinya dengan bahan alami yang aman, yakni gel atau lendir lidah buaya.
  1. Penyegar Alami
  • Jika Anda terbiasa menggunakan kosmetik untuk menyegarkan kulit wajah, tidak ada salahnya mencoba menggunakan lidah buaya sebagai bahan alternatif. Caranya mudah saja. Anda tinggal memarut daging lidah buaya kemudian mengoleskannya pada wajah dan mendiamkan selama sekitar 10 menit sebelum di bilas. Sensasi dingin nan alami yang diberikan parutan kulit lidah buaya tidak hanya akan memberikan rasa segar, akan tetapi juga menutrisi kulit secara alami dan tanpa efek samping.
  • Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memiliki kandungan asam amino dan antrakuinon yang berfungsi sebagai akselerator regenerasi sel kulit dengan sendirinya. Kulit akan tampak segar dan sehat karena sel-sel kulit mati telah terangkat dan proses regenerasi berjalan lancar.
  1. Melebatkan Alis
  • Bagi anda yang ingin memiliki alis lebat dan tebal, gel lidah buaya dapat sangat membantu anda karena bahan yang mudah didapat, cara pemakaian yang tak kalah mudah serta khasiat yang demikian besar. Cukup oleskan gel lidah buaya ke bagian alis, kemudian diamkan semalaman sementara Anda tidur. Esok harinya, bilas hingga bersih dan ulangi secara rutin.
  1. Menjaga Kesehatan Bulu Mata
  • Mereka yang rutin ber-make up karena tuntutan profesi atau gaya hidup biasanya suka menggunakan maskara untuk mempertegas karakter dan mendukung penampilan. Sayangnya, efek samping dari penggunaan maskara adalah bulu mata yang rentah patah dan mengering. Jika Anda menemukan masalah serupa, tak perlu bingung sebab gel lidah buaya juga bisa Anda andalkan untuk keperluan ini tanpa harus khawatir akan ancaman iritasi. Cuci bulu mata Anda terlebih dahulu kemudian oleskan gel lidah buaya kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dicuci bersih.
author
Author: 

Leave a Reply