Minyak Cengkeh Sebagai Obat Sakit Gigi

No comment 210 views

PENGOBATAN ALAMI – Minyak cengkeh kerap kita temui sebagai salah satu bumbu dapur. Namun, tahukah anda jika minyak cengkeh ternyata bisa kita jadikan sebagai obat? Pakar kesehatan menyebutkan jika minyak cengkeh bisa dijadikan alternatif bagi mereka yang sedang terkena beberapa masalah kesehatan tertentu.Minyak Cengkeh merupakan minyak yg alamat berasal tumbuhan cengkeh dan tidak sedikit diperlukan yang merupakan remedi atau tambahan perbaraan. Salah satu keistimewaan minyak cengkeh yang populer  yaitu untuk menyembuhkan sakit gigi.

Pereda Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri yang terjadi pada daerah sekitar gigi dan rahang akibat adanya kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal. Menurut ahli, sakit gigi adalah salah satu gejala ringan dari penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, Anda harus sedikit waspada jika sekarang mengalami masalah ini.Penyebab sakit gigi yang paling umum adalah terdapatnya bakteri pada gigi yang lama-kelamaan dapat membuat gigi berlubang. Tetapi dalam beberapa kasus sakit gigi tidak hanya terjadi akibat gigi mengalami masalah, tetapi gusi yang terinfeksi atau mengalami pembengkakan juga ‘sukses’ menghadirkan rasa nyeri pada rahang atau gigi

Minyak Cengkeh obat sakit gigi

Khasiat minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi sudah dikenal ribuan tahun lalu di Cina. Namun, mungkin tak banyak orang yang menggunakan resep kuno ini sekarang. Kalau gigi sakit, ya minum antalgin atau ponstan. Padahal kedua obat tadi hanya meredakan sementara sakit gigi, karena beberapa jam kemudian gigi akan sakit lagi, jadi terpaksa minum lagi, begitu seterusnya.

Cara pengobatan:

Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat. Yang perlu diperhatikan usai membubuhkan minyak cengkeh ke gigi yang sakit, adalah timbulnya rasa pahit, pedas, dan panas di sekitar mulu. Karena itu 1-3 menit setelah minyak cengkeh dioles, berkumurlah pelan-pelan untuk mengurasi rasa pedas dan panas.

Jangan membubuhkan minyak cengkeh terlalu banyak, cukup 1-2 tetes, karena akan membakar kulit di rongga mulut Anda. Konsentrasi minyak hasil ekstraksi daun cengkeh ini sangat tinggi, jadi jangan serampangan menggunakanny.

Keampuhan minyak cengkeh sebagai P3SG (pertolongan pertama pada sakit gigi) tak lepas dari kandungan eugenol dalam minyak. Eugenol mampu mengobati nyeri, mengatasi sakit gigi, sariawan, bahkan gusi yang bengkak. Minyak cengkeh juga ampuh melawan bakteri dan kuman yang memang banyak terdapat di rongga mulut.

Semoga Bermanfaat

author
Author: 

Leave a Reply